Ayo Biasakan Mencuci Tangan dengan Air Bersih dan Sabun Sebelum dan Sesudah Aktivitas

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan menggunakan sabun dan air bersih selama 40-60 detik. Jika kamu sedang dalam posisi jauh dari air dan sabun, maka kamu bisa menggunakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer yang sebaiknya digunakan selama 20-30 detik.

WHO telah membuat daftar kapan saja waktu yang tepat untuk mencuci tangan supaya mencegah penularan corona.

1. Setelah batuk atau bersin.
Perlu diketahui, ketika bersin atau batuk kita mengeluarkan droplets yang mengandung bakteri dan virus. Jika kita menutup mulut dan hidung menggunakan tangan, maka virus akan menempel. Oleh karena itu, setelah kita bersin atau batuk, sebaiknya cepat-cepat mencuci tangan agar virus tak menyebar.

2. Setelah menyentuh atau merawat orang sakit.

Orang yang sakit memiliki memiliki bakteri dan potensi virus yang bersarang di tubuhnya. Ketika kita merawat dan menyentuh, bakteri dan virus berpotensi berpindah ke tubuh kita. Maka sebaiknya setelah merawat orang sakit, segera lah cuci tangan menggunakan sabun.

3. Sebelum dan setelah memasak dan makan.
Ketika memasak, mungkin saja tangan Anda baru tertempel virus dan bakteri. Jika tidak mencuci tangan terlebih dahulu, maka kemungkinan besar bakteri danv irus akan berpindah ke makanan yang sedang disiapkan.

Begitu pula setelah memasak dan makan, pasti tangan akan terasa kotor oleh makanan yang kita siapkan. Maka kita diwajibkan untuk mencuci tangan setelah memasak dan makan.

4. Setelah menggunakan toilet.
Toilet memiliki berbagai macam kuman, bakteri dan penyakit. Sudah sewajarnya karena tolilet adalah tempat pembuangan kotoran manusia. Jadi, adalah sebuah keharusan bagi kita untuk selalu mencuci tangan setelah dari toliet.

5. Ketika tangan tampak kotor.
Jika tangan tampak kotor jelas mengandung virus dan bakteri. Selain itu, jika tangan kotor tentu saja akan menimbulkan rasa risih. Tidak ada opsi lain selain kita harus mencuci tangan kita.

6. Setelah menyentuh binatang.
Binatang mengandung banyak bakteri dan virus yang bisa berbahaya pada manusia. Sars-cov-2 juga disinyalir berasal dari hewan seperti kelelawar. Maka jangan pernah lupa untuk mencuci tangan setelah kita menyentuh hewan termasuk peliharaan kita.

(sumber:suara.com/internet)