Banyak Minum Air Putih Setelah Sahur, ini Dampak Buruk nya.

Air putih bisa dibilang merupakan air minum yang paling sehat diantara berbagai jenis minuman lainnya seperti kopi, teh, jus, atau beberapa jenis minuman lain. Memperbanyak air putih memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan, sehingga jika manusia kekurangan cairan maka akan mendapatkan gangguan kesehatan, sehingga minum air putih memang sangat dianjurkan dalam segala kondisi dan situasi.
 
Pun ketika sedang berpuasa. Air putih tetap tidak boleh dilupakan. Orang yang berpuasa tetap direkomendasikan untuk meminum air putih secukupnya untuk memenuhi asupan cairan untuk tubuh. Nah Sobat Sehat, yang perlu diperhatikan disini terkait dengan asupan air putih ketika berpuasa ini adalah ketika sahur lebih baik untuk mengurangi minum air putih karena berdampak buruk.
 
Kok bisa?
 
Tentu bisa, dengan sebuah kondisi. Kondisi ini adalah, minum air putih ketika waktu sahur akan berdampak buruk ketika dikonsumsi secara berlebihan. Ingat, jika dikonsumsi secara berlebihan. Berlebihan ini seperti apa? Nah, sahur adalah mengisi "bahan bakar" atau energi yang akan digunakan untuk menghabiskan waktu setelah Subuh sampai waktu berbuka. Untuk bisa melewati waktu tersebut, tentu harus diperhatikan keseimbangan gizinya. Terlalu banyak minum air putih bisa-bisa menyebabkan perut terasa kembung sehingga keseimbangan yang diinginkan tidak tercapai.
 
Kebanyakan minum air putih juga bisa meningkatkan resiko overhidrasi atau kelebihan cairan tubuh. Overhidrasi atau kelebihan cairan ini biasanya diderita oleh orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau orang yang memiliki riwayat gangguan ginjal. Hal tersebut disampaikan oleh Dokter spesialis gizi klinik dr Dian Permatasari, MGizi, SpGK.
 
Ketika terjadi overhidrasi, kandungan natrium dalam aliran darah akan berkurang sementara natrium ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam dan di luar sel tubuh manusia. Ketika tubuh kekurangan natrium, maka cairan di luar sel akan masuk ke dalam sehingga menyebabkan pembengkakan pada sel. Akibatnya, bisa menyebabkan sesak nafas, yang jika sudah terlalu parah menyebabkan pembengkakan tubuh, hingga yang terparah meninggal.
 
Lalu bagaimana baiknya?
 
Masih menurut Dokter Dian, asupan yang seimbang untuk air putih selama bulan Ramadan bisa diatur dengan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah berbuka sampai sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur. 
 
(sumber;viva/internet)