Botol Plastik Minuman Sekali Pakai Sudah Tak Ada Lagi di Sejumlah Kementrian

Sejumlah kementerian mulai berupaya mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. Larangan penggunaan plastik sekali pakai ini rupanya sudah diatur di kalangan jajaran kementerian itu, baik dalam bentuk surat edaran maupun imbauan.
 
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut kementerian yang dipimpinnya tak lagi menggunakan botol plastik sekali pakai. Hal itu sudah diterapkan sejak enam bulan lalu.
 
"Oh di kantor saya sudah lama. itu botol ini yang di kantor saya setiap rapat mungkin sudah 6 bulan ini," katanya di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (19/08/19)

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya juga telah menerapkan aturan itu. Setiap kali rapat di kementerian, Siti tak lagi menggunakan botol plastik sekali pakai. Bahkan jajarannya juga sudah membawa botol minum isi ulang.
 
"Kalau sekarang sih rapat sudah tidak pakai botol plastik. Kemudian anak-anak sudah bawa tumbler dan sebagainya," ujar Siti.
 
Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, pada 18 Mei lalu, mengeluarkan surat larangan kepada seluruh pegawai di kementeriannya untuk tidak menggunakan kemasan air minum berbahan plastik sekali pakai dan kantong plastik.
 
Dalam surat edaran itu tertulis, pelanggar akan dikenakan sanksi teguran oleh atasan. Sedangkan bagi pihak yang menemukan penggunaan kemasan air minum berbahan plastik sekali pakai atau kantong plastik, diimbau agar melaporkan pada unit kerja yang membidangi bagian umum terlapor untuk diteruskan pada atasan yang bersangkutan.
(sumber;medcom.id/internet)