Melihat Banksasuci Upacara HUT RI ke-74 di Tengah Kali Cisadane

Ratusan aktivis dan penggiat lingkungan hidup yang tergabung dalam Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) mengikuti Apel Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI di tengah Sungai Cisadane, Sabtu (17/08/19).

Selain melakukan prosesi Pengibaran Bendera Merah Putih, pata aktivis juga membentangkan spanduk seruan yang bertuliskan “Cisadane Merdeka Dari Sampah”.

Ketua Yayasan Banksasuci, Ade Yunus mengatakan, kegiatan apel di tengah sungai Cisadane merupakan rangkaian kampanye seruan mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat sungai Cisadane.

“Hari ini kami peringati bukan hanya sekedar hari kemerdekaan Republik Indonesia, tapi juga momentum untuk terus menyerukan kampanye cisadane merdeka dari sampah dan limbah,” tutur pria yang memakai kacamata kepada awak media.

Pria yang kerap di sapa Kang Ade ini menambahkan, Banksasuci bersama para aktivis dan penggiat lingkungan tidak akan lelah dan berhenti untuk terus memberikan edukasi akan pentingnya menjaga sungai cisadane.

“Seperti diketahui bersama bahwa sungai cisadane merupakan sumber bahan baku utama air yang dikonsumsi oleh masyarakat Tangerang. Oleh karena itu melalui kampanye cisadane merdeka dari sampah, kami mengajak seluruh stakeholders untuk terus memberikan perhatian penting terhadap kelestarian Sungai Cisadane,” jelasnya.

Sementara itu Ayu, salah satu peserta apel merasa senang terlibat dalam kegiatan apel ditengah sungai Cisadane.

“Ini pengalaman baru buat saya ngikutin upacara ditengah sungai cisadane, konsepnya keren, Pokoknya berkesan banget,” ungkap siswi MAN 1 Kota Tangerang tersebut.

Untuk diketahui, kegaiatan Apel diikuti sejumlah lembaga dan komunitas, di antaranya Pendaki Indonesia, Sabda Alam Indonesia Hijau (SAIH), Komunitas Reptil, Blosso Club, Tangerang Waste Community, Perwakilan Mahasiswa UNIS, UMT, STISIP Yuppentek dan siswa Pramuka dari MAN 1 Kota Tangerang.

(sumber:tangerangonline/internet)